Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lagu Perjuangan untuk Hari Kemerdekaan

Daftar Lagu Perjuangan untuk Hari Kemerdekaan  

Daftar Lagu Perjuangan untuk Hari Kemerdekaan

Lagu Kemerdekaan Indonesia – Mendekati Hari Kemerdekaan Indonesia, kata “kemerdekaan” tak akan pernah bisa terlepas dari perjuangan para pahlawan. Banyak dari mereka telah mengorbankan nyawanya agar Indonesia bisa menjadi negara yang merdeka dan tak lagi dijajah bangsa lain. Sebagai apresiasi terhadap para pahlawan, lagu-lagu perjuangan nasional pun dibuat agar masyarakat selalu mengingat setiap perjuangan para pahlawan.

Dengan memahami lagu-lagu perjuangan nasional, berarti kamu telah menghargai setiap titik keringat para pahlawan yang telah membebaskan Tanah Air dari tangan penjajah. Berikut adalah 10 lagu-lagu perjuangan nasional tentang Kemerdekaan Indonesia.

Daftar Lagu Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

1. Indonesia Raya

daftar lagu perjuangan indonesia
Sumber Gambar: Pixabay
Lagu yang pertama kali diperkenalkan oleh Wage Rudolf Soepratman pada 28 Oktober 1928 ini merupakan lagu kebanggaan serta lagu perjuangan bangsa Indonesia yang menjadi bukti kedaulatan negara. Telah terbiasa menyanyikan lagu ini sejak zaman sekolah pada saat upacara bendera, lagu ini juga kerap dikumandangkan saat atlet Indonesia meraih prestasi di kancah internasional. Tak hanya dinyanyikan saat upacara khusus, menyanyikan lagu Indonesia Raya dimanapun sama dengan bersyukur atas merdekanya negeri ini.

2. Indonesia Pusaka

Berterimakasihlah kepada Ismail Marzuki yang telah menciptakan lagu Indonesia Pusaka seindah ini. Tak hanya liriknya yang indah, musikalitas yang tinggi dan makna yang mendalam menjadikan lagu Indonesia Pusaka menjadi salah satu lagu kemerdekaan Indonesia yang wajib diketahui. Mendengarkan lagu ini seakan memaksa setiap pendengarnya untuk lebih mencintai tanah air Indonesia dan juga dengan harapan agar setiap masyarakat Indonesia yang melantunkannya tetap berjuang untuk mempertahankan keindahan di dalamnya.

3. Bangun Pemudi Pemuda

daftar lagu perjuangan indonesia
Sumber Gambar: Matakota
Lagu yang dibuat secara apik oleh A. Simanjuntak ini merupakan salah satu lagu perjuangan yang memotivasi para pendengarnya terutama anak-anak muda untuk tidak pernah berhenti berkarya dan berkontribusi untuk Indonesia. Lagu ini menyemangati mereka untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan yang telah ada saat ini.

4. Garuda Pancasila

Memiliki nada-nada yang penuh semangat, salah satu lagu perjuangan yang berjudul Garuda Indonesia sangat cocok untuk memberi semangat positif kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjalani kegiatan mereka seperti bekerja dan belajar. Tak hanya itu, simbol Burung Garuda yang menjadi ikon di lagu ini mempunyai makna ‘kuat’ di mana simbol ini juga mencerminkan jiwa-jiwa pahlawan yang telah berjasa untuk memerdekakan Indonesia.

5. Tanah Airku

Diciptakan oleh Ibu Soed, lagu Tanah Airku merupakan salah satu lagu kemerdekaan Indonesia yang bisa membuat pendengarnya meneteskan air mata. Dengan tempo lagu yang lebih lambat dan makna yang mendalam, lagu ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme hanya dalam sekejap. Lagu Tanah Airku bisa dikatakan sebagai lagu atas rasa bersyukur karena telah merdekanya bangsa Indonesia.

6. Berkibarlah Benderaku

daftar lagu perjuangan indonesia
Sumber Gambar: Kompasiana
Dengan berhasilnya Sang Merah Putih berkibar di bumi pertiwi, hal ini menandakan bahwa Indonesia telah merdeka dari para penjajah. Berkibarnya Sang Merah Putih tak terkecuali bisa didapatkan karena pengorbanan dari para pahlawan. Dengan perasaan bangga, masyarakat menganggap lagu Berkibarlah Benderaku menjadi salah satu lagu kemerdekaan Indonesia yang tak boleh dilupakan.

7. Bagimu Negeri (Padamu Negeri)

Lagu Bagimu Negeri merupakan salah satu lagu kemerdekaan Indonesia yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakatnya untuk terus berjuang dengan sepenuh hati demi melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu. Hanya dengan komitmen untuk terus berusaha mengharumkan nama bangsa, cara ini dapat dikatakan sukses untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

8. Maju Tak Gentar

daftar lagu perjuangan indonesia
Sumber Gambar: Pixabay
Salah satu lagu perjuangan karya C. Simanjuntak ini merupakan refleksi dari pengorbanan para pahlawan untuk memotivasi masyarakat Indonesia agar selalu maju pantang mundur melewati segala rintangan kehidupan. Dengan memiliki jiwa yang ingin selalu maju, sikap ini akan melahirkan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama dan akan menjadikan Indonesia menjadi negara yang tak pernah menyerah.

9. Hari Merdeka

Siapa yang tak tahu lagu ini? Lagu yang selalu dikumandangkan saat Dirgahayu Republik Indonesia berjudul Hari Merdeka merupakan lagu yang mencerminkan rasa bahagia dan senang masyarakat Indonesia atas telah diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia.

10. Gugur Bunga

Meskipun nada-nada yang dilantunkan oleh lagu Gugur Bunga terdengar cukup pilu, namun lirik yang dibawakannya akan membuat pendengarnya memuji pengorbanan para pahlawan yang telah gugur. Lagu ini merupakan salah satu lagu perjuangan yang wajib diketahui seluruh masyarakat Indonesia karena liriknya tidak hanya berisi pujian-pujian, tapi juga kenangan atas jasa mereka, dan harapan kepada pahlawan-pahlawan baru agar dapat terus mempertahankan dan membela kemerdekaan Indonesia.